Minggu, 21 Desember 2014

Tugas Tou1 minggu ke 4



HAMBATAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI

Komunikasi Dalam Organisasi
Komunikasi merupakan suatu proses penyampaian pesan atau informasi dari suatu pihak ke pihak yang lain dengan tujuan tercapai persepsi atau pengertian yang sama. Komunikasi dalam organisasi sangat penting karena dengan adanya komunikasi maka seseorang bisa berhubungan dengan orang lain dan saling bertukar pikiran yang bisa menambah wawasan seseorang dalam bekerja atau menjalani kehidupan sehari-hari.
Pada saat proses komunikasi di dalam organisasi terkadang akan mengalami banyak hambatan. Berikut ini merupakan hambatan yang lazim terjadi saat berkomunikasi dalam organisasi:
1.      Hambatan Semantik : Faktor pemahaman bahasa dan penggunaan istilah tertentu. Kata-kata yang dipergunakan dalam komunikasi kadang-kadang mempunyai arti mendua yang berbeda, tidak jelas atau berbelit-belit antara pemberi pesan dan penerima pesan. Misalnya : adanya perbedaan bahasa ( bahasa daerah, nasional, maupun internasional), adanya istilah – istilah yang hanya berlaku pada bidang-bidang tertentu saja, misalnya bidang bisnis, industri, kedokteran, dll.
2.       Hambatan Mekanik :Komunikasi yang disebabkan oleh factor elektrik, mesin atau media lainnya.
3.      Hambatan Antropologis : Hambatan yang disebabkan oleh perbedaan pada diri manusia.
4.      Hambatan Psikologis : Hambatan psikologis dan sosial kadang-kadang mengganggu komunikasi, misalnya; perbedaan nilai-nilai serta harapan yang berbeda antara pengirim dan penerima pesan, sehingga menimbulkan emosi diatas pemikiran-pemikiran dari sipengirim maupun si penerima pesan yang hendak disampaikan.
5.      Hambatan manusiawi : Terjadi karena adanya faktor, emosi dan prasangka pribadi, persepsi,kecakapan atau ketidakcakapan, kemampuan atau ketidakmampuan alat-alat pancaindera seseorang, dll.
Jika mengalami hambatan dalam berorganisasi komunikasi, berikut ini adalah cara mengatasinya yaitu  dengan cara :
1.Gunakan umpan-balik, Beri kesempatan pada orang orang lain untuk menyampaikan ide atau gagasannya, sehingga tercipta dua iklim komunikasi dua arah.
2. Kenali si penerima berita.
3. Rencanakan secara teliti, pertimbangkan baik-baik : apa, mengapa, siapa, bagaimana, kapan.
Sumber : http://fazri-satria.blogspot.com/2012/04/19-hambatan-komunikasi-dalam-organisasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar