Rabu, 20 November 2013

BAB 1 Ilmu social dasar sebagi salah satu mata kuliah dasar umum


BAB 1
 Ilmu social dasar sebagi salah satu mata kuliah dasar umum
1.     Pengertian.
Ilmu social dasar adalah ilmu pengetahuan yang menelaah masalah-masalah social, khususnya yang di wujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu social seperti: sejarah,ekonomi,geografi,social,sosiologi,antropologi,psykologi social.
2.    Tujuan
Ilmu social dasar umum memiliki tujuan agar mahasiswa dapat:
-          Menyadari akan adanya kenyataan dan masalah-masalah social yangad dalam masyarakat.
-          Peka terhadap masalah social dan turut ikut serta dalam usaha menanggulanginya.
-          Menyadari bahwa masalah yang timbul dalam masyarakat itu bersifat komleks dan hanya bisa mempelajarinya secara kritis.
-           Memahami jalan pikiran para ahli bidang tersebut agar bisa menanggulangi masalah social yang timbul dalam masyarakat.
3.    Ilmu social dasar dan ilmu pengetahuan social
Adapun persamaan dan perbedaan antara ilmu social dasar dan ilmu pengetahuan social yaitu:

·         Persamaan
-          Keduanya adalah bahan kepentingan untuk program pendidikan.
-          Keduanya sama-sama bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
-          Keduanya sama-sama membahas tentang kenyataan dan masalah-masalah social.
·         Perbedaan
-          Ilmu sosial dasar hanya di pelajari di perguruan tinggi sedangkan ilmu pengetahuan soaial di pelajari di sekolah dasar dan lanjutan.
-          Ilmu social dasar di arahkan untuk pembentukan sikap dan kepribadian sedangkan ilmu pengetahual social di arahkan untuk pembentukan dan keterampilan intelektual
-          Ilmu social dasar adalah satu mata kuliah tunggal sedangkan ilmupengetahuan social adalah kelompok dari berbagai macam pelajaran.

4.    Ruang lingkup Ilmu Sosial Dasar.
Materi ilmu sosial terdiri atas masalah-masalah sosial. Untuk mengetahui         masalah-masalah sosial hendaknya kita mengidentifikasi kenyataan-kenyataan sosial dan memahami konsepnya. Sehingga bahan ajaran ISD dapat dikelompokan menjadi 3 bagian, yaitu :
-          Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu. Kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli, hal ini terjadi karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu dan sudut pandangnya. 
-          Konsep-konsep sosial atau pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi oleh konsep dasar yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial. Sebagai contohnya adalah masalah "keanekaragaman " dan " persatuan sosial " . Bertolak dari kedua konsep tersebut, kita dapat memahami dan menyadari bahwa daam masyarakat selali terdapat persamaan dan perbedaan pola pikir dan tingkah laku, serta persamaan dan perbedaan kepentingan.
-          Masalah sosial yang timbul dalam masyarakat , biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan yang lainya saling bersangkutan.
Berdasarkan bahan pembahasan diatas , dapat ditarik kesimpulan bahwa ruang lingkup ISD diharapkan mempelajari dan memahami bahwa adanya :
  1. Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan
  2. Masalah individu, keluarga, dan masyarakat
  3. Masalah pemuda dan sosialisasi
  4. Masalah hubungan antara warga negara dan negara
  5. Masalah pelapisan sosial dan persamaan derajat
  6. Masalah masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan
  7. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi
  8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar